Anggota DPRD Kab. Batanghari
Pimpinan Definitif DPRD Batang Hari dilantik
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Jumat, 02 Oktober 2014 - 19:40:04 WIB
Saat Pengucapan Sumpah

Muara Bulian, Merujuk pada Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor 519/Kep.Gub/ Pem-4.2/X/2014 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang Hari masa jabatan tahun 2014-2019, hari ini Kamis 2 Oktober 2014 Ketua dan Wakil Ketua Definitif secara resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Batang Hari. Jabatan itu sempat kosong selama satu bulan pasca pengambilan sumpah jabatan anggota DPRD masa keanggotaan 2014-2019 pada tanggal 30 Agustus 2014 lalu.

Tiga legislator yang menduduki kursi pimpinan dalam parlemen di Kabupaten Batang Hari ini, adalah Muhammad Mahdan, S.Kom sebagai Ketua yang berasal dari Partai Amanat Nasional, Hj. Yunninta Asmara sebagai Wakil Ketua I dari Partai Golkar,  serta Elpisina, S.Sos.Msi sebagai Wakil Ketua II dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Acara dimulai sekitar pukul 14.00 WIB yang dibuka dengan sambutan dari ketua sementara Muhammad Mahdan. Pengambilan sumpah para pimpinan baru DPRD Kabupaten Batang Hari dilakukan dengan dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian, Achmad Satibi,SH,MH

Dalam sambutannya, Pimpinan Sementara DPRD telah melaksanakan tugas seperti memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi DPRD, pembentukan tim perumus tatib DPRD dan memproses penetapan Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Batang Hari masa jabatan 2014-2019.

Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus dalam sambutannya yang disampaikan Bupati Batang Hari, Sinwan, SH mengungkapkan ada tiga fungsi yang dimiliki DPRD, yaitu Fungsi Legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Fungsi legislasi merujuk kepada pembentukan produk peraturan daerah bersama-sama dengan Kepala Daerah. Fungsi anggaran merujuk pada komitmen setiap anggota DPRD untuk selalu menempatkan alokasi dana yang berorientasi pada pemberantasan kemiskinan, perluasan lapangan kerja, peningkatan pertumbuhan dan pelestarian alam dan lingkungan. Sementara fungsi pengawasan merujuk pada mekanisme pengawasan secara dinamis dan proporsional, baik terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban maupun kebijakan-kebijakan pemerintah daerah secara umum.

Hal terpenting dan yang utama dalam melaksanakan tugas tersebut adalah kerja dan koordinasi yang baik dengan berbagai komponen pembangunan.

Gubernur juga menyampaikan agar dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan secara efektif dan efesien, supaya Bupati dan DPRD untuk membawa penyelesaian dan menuntaskan berbagai problematika dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada Gubernur selaku wakil pemerintah pusat diwilayah provinsi.

Sementara itu, Ketua DPRD Batang Hari Muhammad Mahdan berharap semoga pimpinan definitif yang baru dilantik dapat menjalin kerjasama dan hubungan yang harmonis dengan para anggota DPRD dan pihak eksekutif, agar dapat memberikan dharma bakti dan kontribusi yang optimal demi mewujudkan Batanghari berlian.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh jajaran eksekutif Pemerintah Kabupaten Batang Hari yaitu Bupati Batang Hari, anggota DPRD, kepala-kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam Kabupaten Batang Hari. Rangkaian acara dalam rapat paripurna ini ditutup dengan pembacaan doa, sekitar pukul 15.30. 

Setelah resmi dilantik, para pemimpin DPRD definitif akan segera mengagendakan pembahasan kerja, di antaranya adalah pembentukan alat kelengkapan dewan serta Tata Tertib DPRD. (mz)