Anggota DPRD Kab. Batanghari
Anggota Dewan Batanghari Dukung UN System UNBK
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Kamis, 06 April 2016 - 09:18:02 WIB

dprd.batangharikab.go.id - Belum adanya sekolah negeri di Kabupaten Batanghari yang melaksanakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2016 dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), disayangkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari.

Di Kabupaten Batanghari, hanya ada satu sekolah yang melaksanakan UN Tahun 2016 dengan sisten UNBK, itupun hanya sekolah swasta. Sementara sekolah negeri tidak ada satupun, kendalanya tidak lain adalah sarana yang tidak mendukung seperti tidak adanya Komputer.
Karenanya, Komisi II DPRD Batanghari, yang mitra kerjanya dengan Dinas pendidikan dan Kebudayaan (PdK) sangat mendukung pengadaan komputer disekolah di Kabupaten Batanghari. Pengadaan komputer disekolah, dinilai sudah sangat perlu diadakan.
“Kita lihat saja nanti apakah Pemkab mengusulkan atau tidak. Kalaupun nanti pemkab tidak mengusulkan, maka kami di DPRD akan merekomendasikan agar dimasukkan dalam anggaran,” kata Maysuri, Anggota Komisi II DPRD Batanghari Selasa,(5/4).
Politisi partai Hanura ini menyebutkan, UN dengan sistem UNBK, tidak menutup kemungkinan kedepan harus diterapkan disekolah dan perlahan sistem UN manual akan ditingalkan. Karena itu, pemerintah harus mulai mempersiapkan secara bertahap komputer disekolah.
“Pengadaan komputer di sekolah bisa dilakukan secara bertahap. Misalnya tahun ini, pemkab anggarkan beberapa unit dulu, kemudian tahun berikutnya beberpa unit lagi. Semuanya tergantung bagaimana kemampuan keuangan daerah,” ucapnya.
Ia sendiri menyadari, untuk pengadakan komputer sekaligus disetiap sekolah, tentunya tidak mungkin karena banyaknya jumlah sekolah di Kabupaten Batanghari yang belum memilki komputer. Belum lagi, anggaran yang akan termakan untuk pengadaan komputer tersebut.
“Pada dasarnya kalau memang ada kemauan bisa kita selesaikan. Contohnya saja, kita membangun jalan yang anggaranya cukup besar, bisa kita selesaikan. Tentunya dengan dilakukan dengan bertahap, yang disesuai kemampuan keuangan setiap tahunnya,”tandasnya.(Admin)