Anggota DPRD Kab. Batanghari
DPRD GELAR SIDANG PARIPURNA DALAM RANGKA LKPJ BUPATI BATANG HARI
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Senin, 09 Mei 2016 - 12:56:07 WIB

dprd.batangharikab.go.id - Bertempat di Ruang paripurna, Senin (09/5) DPRD Kabupaten Batanghari menggelar Sidang Paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Batang Hari Tahun 2015. Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Batang Hari, H.M Mahdan, S.Kom dengan dihadiri Bupati Batang Hari Ir. H. Syahirsah. SY dan Wakil Bupati, Hj. Sofia Joesoef, SH,  Plt. Sekda Batang Hari, dan sejumlah pejabat SKPD.

"Penyampaian LKPJ tersebut merupakan laporan atas pelaksana program dan kegiatan di masa kepemimpinan Bupati dan wakil Bupati Batang Hari pada periode 2011-2016, dan diharapkan dapat menyajikan laporan yang lebih transparan dan jelas serta memberikan informasi pertanggungjawaban atas penyelenggaraan pembangunan kepada publik melalui DPRD.

LKPJ yang disampaikan Bupati Batang Hari Syahirsah itu memberikan gambaran tentang penyerapan dana program dan kegiatan pada SKPD selaku pelaksana pembangunan selama tahun 2015.

"Setelah penyampaian LKPJ oleh Bupati Batang Hari, paripurna lanjutan akan kembali digelar, Selasa (31/5).

Sementara itu, Bupati Batang Hari  Ir. H. Syahirsah. SY dalam penyampaian laporannya mengatakan, LKPJ Kepala Daerah Batang Hari tahun 2015 merupakan LKPJ tahun ke-4 pemerintahan Kepala Daerah Kabupaten Batang Hari tahun 2011-2016 yang secara konstitusional harus disampaikan Kepala Daerah setelah berakhirnya tahun anggaran.

Mekanisme dan substansi LKPJ Kepala Daerah yang diatur dalam PP Nomor 3 Tahun 2007, merupakan upaya memenuhi azas trasparansi dan sekaligus evaluasi terhadap kinerja pemerintah daerah yang telah dilakukan oleh semua unsur penyelenggara pemerintahan dan pembangunan sesuai dengan wewenang dan tugas pokoknya masing-masing, sepanjang tahun 2015.

Dijelaskan Bupati, LKPJ ini merupakan penjelasan terhadap capaian indikator sasaran daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2011-2016, yang merupakan pelaksanaan program dan kegiatan dibawah kepemimpinan Kepala Daerah sebelumnya. Lebih lanjut Bupati mengharapkan dari evaluasi yang dilakukan secara bersama-sama, akan menjadi bahan pertimbangan dan perbaikan di dalam penyusunan program dan kegiatan serta pelaksanaannya pada pemerintahan 2016-2021, utamanya untuk mewujudkan Batang Hari Bersatu 2021, ungkap Bupati.

Sementara Ketua DPRD Batang Hari menjelaskan, secara ringkas LKPJ  Bupati  Akhir tahun anggaran 2015 ini berdasarkan Surat Bupati Batang Hari Nomor : 050/0684/Bappeda tanggal 30 Maret 2016 dan Hasil Rapat Badan Musyawarah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang Hari tanggal 3 Mei 2016 tentang Penyusunan dan Penetapan Jadwal Rapat-Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang Hari dalam rangka Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2015. (admin)