Anggota DPRD Kab. Batanghari
Batang Hari Raih WTP dari BPK RI Ketigakalinya
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Senin, 30 Mei 2016 - 09:02:20 WIB
RAIH WTP : Ketua DPRD Kabupaten Batanghari, HM Mahdan didampingi Bupati Batanghari H. Syahirsah SY saat menerima LHP BPK RI atas LKPD Batanghari tahun anggaran 2015 dengan Opini WTP yang diserahkan Ke

dprd.batangharikab.go.id - Untuk ketigakalinya, Kabupaten Batanghari berhasil meraih opini penilaian Wajar Tanpa Pengeculaian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia(BPK-RI)  Perwakilan Jambi. Penghargaan dalam pengelolaan keuangan daerah ini menjadi sebuah prestise bagi Pemerintah  Kabupaten Batanghari dan masyarakat di Bumi Serentak Bak Regam. Untuk diketahui, berdasarkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada tahun anggaran 2012 dan 2013, Pemerintah Kabupaten Batanghari berhasil meraih opini WTP dan terakhir tahun anggara 2015.

‘’Alhamdulillah, untuk ketigakalinya, kita berhasil meraih opini penilaian WTP dari BPK RI Perwakilan Jambi, yakni tahun 2012, 2013 dan tahun 2015,‘’ ungkap M. Azan, SH Kepala Keuangan setda Batanghari kepada Warta Legislatif.

Keberhasilan mendapatkan opini WTP ini akhirnya mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya dari DPRD Kabupaten Batanghari. Delapan fraksi DPRD Kabupaten Batanghari pun tidak luput menyampaikan apresiasi positif tersebut pada saat memberikan pandangan umum atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)  tahun anggaran 2015 pada rapat Paripurna DPRD Kabupaten Batanghari, 31 Mei 2016. Apresiasi secara satu nada itu disampaikan Fraksi Partai Amanah Nasiona (PAN), Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Fraksi Demokrat, Fraksi Persatuan Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Nasional Hati Nurani.

Sikap atas pandangan umum dari seluruh fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Batanghari mendapat respon dari Bupati Batanghari, H. Syahirsah SY. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua fraksi di DPRD Kabupaten Batanghari atas apresiasinya kepada Pemerinta Daerah yang kembali memperoleh opini WTP terhadap LKPD tahun anggaran 2015, ini sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mempertanggungjawabkan atas tugas yang telah dipercayakan masyarakat,” kata Bupati.

Secara terpisah, HM. Mahdan, Ketua DPRD Kabupaten Batanghari mengatakan, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Batanghari yang kembali berhasil meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Jambi atas LKPD tahun anggaran 2015 merupakan sebuah keberhasilan yang patut terus kita pertahankan pada tahun-tahun berikutnya. “Keberhasilan meraih WTP, juga tidak terlepas dari fungsi, tugas dan pengawasan DPRD Kabupaten Batanghari yang dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Mahdan.

Namun demikian, lanjut politisi PAN ini, keberhasilan apa yang telah berhasil dicapai dalam proses pengelolaan keuangan daerah jangan membuat kita semua  terlena, sehingga kedepan prestasi ini dipertahankan dan terus disempurnakan. “Kita ingin menjadi percontohan dalam pengelolaan keuangan daerah di Provinsi Jambi, raihan ketiga dengan opini WTP adalah sebuah prestasi besar dan luar biasa, “ ungkap Mahdan.

Maknuddin, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Batanghari juga tidak luput memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Batanghari yang dinilai berhasil melakukan pengelolaan keuangan daerah sesuai versi BPK RI. “Sesuai rekomendasi Komisi yang membidangi ekonomi dan keuangan ini yang telah disampaikan pada rapat gabungan komisi 30 Mei 2016 lalu, kita minta agar opini WTP ini dipertahankan, dan tetap memberikan sosialisasi di lungkungan Pemkab Batanghari dalam pengelolaan keuangan berbasis akrual sesuai dengan pemikiran BPK RI dan perundang-undangan yang berlaku,” pinta Maknuddin kepada Warta Legislatif. (muhammad aris).