Anggota DPRD Kab. Batanghari
Revitalisasi, Komisi II Tinjau Pasar Kramat Tinggi
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Senin, 02 Maret 2017 - 10:33:00 WIB
Pimpinan dan anggota Komisi II DPRD kabupaten Batanghari saat melaksanakan kunjungan di Pasar Kramat Tinggi Muara Bulian, dalam rangka persiapan revitalisasi pasar semi modern tersebut yang bersumber

MUARA BULIAN – Komisi II DPRD Kabupaten Batanghari melaksanakan kunjungan kerja ke Pasar Keramat Tinggi Muara Bulian, Rabu (1/3). Kunjungan komisi yang membidangi ekonomi dan pembangunan ini dalam rangka persiapan revitalisasi pasar semi modern yang beralamat di Jalan Gajah Mada Muarabulian oleh Pemerintah Kabupaten Batanghari.

“Sebagai bentuk pengawasan dewan, kita turun ke lapangan (pasar kramat Tinggi), untuk melihat sejauhmana aksi pemerintah daerah melakukan revitalisasi pasar rakyat tahun ini,” Ungkap Quswaini, M, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Batanghari didampingi M. Syafe’i, (Plt) Kadis Koperasi, UKM dan Perindag Kabupaten Batanghari kepada Warta Legislatif Kabupaten Batanghari,

Secara terpisah, M. Syafe’i, menjelaskan, rencana pemerintah dalam pembangunan pasar rakyat akan segera terwujud. Revitalisasi pasar rakyat di kabupaten Batanghari yang mulanya ditetapkan di Pasar Muaratembesi, kini dialihkan ke pasar Kramat Tinggi,Muarabulian. “Pengalihan atau carry over lokasi pembangunan pasar rakyat tahun anggaran 2016 ke 2017 melalui dana tugas pembantuan sekitar Rp. 6 milyar,” jelasnya.

Hal ini, lanjut Syafe’i, mengacu pada surat Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negri Nomor: 548/PDN/SD/11/2016 tanggal 9 November 2016, perihal rencana carry over tahun 2017 berdasarkan tindaklanjut pertemuan para bupati/walikota, 29 November 2016 lalu di Jakarta.

Sementara itu, Kabid Perdagangan, Suparno menambahkan,
menurut rencana, lokasi pembangunan pasar rakyat tersebut akan dibangun di bagian belakang pasar Karamat Tinggi Muara Bulian, Bangunan satu atap 66,8 x 43,5 meter  ini, jelas Suparno, nantinya akan dibangun 35 unit Kios masing-masing berukuran 2 x 3 meter dan 135 unit Los masing-masing 1,5 x 1,05 meter. Selain itu, juga dibangun sarana kantor pengelola, mushola, ruang keamanan dan binsel yang bisa digunakan untuk kegiatan lain. “Rencana revitalisasi Pasar Kramat Tinggi ini nantinya akan disosialisasikan kepada pedagang,” jelas Suparno lagi.(*)