Anggota DPRD Kab. Batanghari
Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari Terpilih Resmi Dilantik
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Senin, 09 September 2019 - 08:13:31 WIB

Sebanyak 35 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batang Hari (BTH) masa jabatan 2019-2024 hasil Pemilihan Umum Legislatif 17 April 2019 lalu, dilantik pada Jum’at, 30 Agustus 2019. Proses pengambilan sumpah/janji dan pelantikan 35 anggota DPRD Kabupaten Batang Hari ini dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Batang Hari di Kantor DPRD Kabupaten Batang Hari Jalan Jenderal Sudirman KM 5 Muara Bulian.

Sidang Paripurna Istimewa ini dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Batang Hari masa jabatan 2014-2019, H. Muhammad Mahdan, S.Kom. Selain dihadiri para anggota DPRD yang baru dan lama, acara pengambilan sumpah/janji dan pelantikan juga dihadiri oleh Bupati Batang Hari Ir.H.Syahirsah. SY dan Wakil Bupati Batang Hari Hj.Sofia Joesoef,SH, anggota Forkompimda, para pimpinan OPD, para camat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat. Hadir pula keluarga para anggota DPRD yang baru untuk menyaksikan jalannya prosesi pelantikan dari luar ruangsidang.

Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jambi Nomor: 941/KEP.GUB/SETDA.PEM-OTDA-2.2/2019 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari Masa Jabatan 2014-2019 dan Nomor: 942/KEP.GUB/SETDA.PEM-OTDA-2.2/2019 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari Masa Jabatan 2019-2024 oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Kabupaten Batang Hari, Aminullah, AP, ME.

Setelah pengambilan sumpah/janji dan pelantikan dilakukan penyematan pin jabatan. Berdasarkan Surat Keputusan dari DPD PAN dan DPD Partai Golkar, maka Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Batang Hari dijabat oleh Muhammad Zen (Ketua) dan M. Jaafar, SH (Wakil Ketua). Rapat paripurna istimewa selanjutnya dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD Kabupaten Batang Hari.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Batang Hari Muhammad Zen  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batang Hari yang telah berpartisipasi dalam Pemilu 2019.

Acara pengucapan sumpah/ janji dan pelatikan ini berlangsung aman, tertib dan lancar berkat pengaman dari aparat Polres Batang Hari. Dari 35 orang anggota dewan yang dilantik hanya sekitar 16 orang anggota saja yang masih menjabat (incumbent), sedangkan 19 orang lainnya merupakan anggota dewan pendatang baru. Sedangkan ketiga puluh lima anggota yang dilantik berasal dari berbagai partai politik antara lain, PAN (5), Golkar (5), PKB (4), Nasdem (4), PPP (4), Gerindra (3), Demokrat (3), PDIP (3), PKS (3) dan Perindo (1). (Admin/MZ)