Anggota DPRD Kab. Batanghari
Standar Pelayanan
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | 27 Januari 2020

PENETAPAN STANDAR PELAYANAN

PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KABUPATEN BATANG HARI

 

 PENDAHULUAN

 Standar Pelayanan Publik merupakan suatu bentuk komitmen atau janji dari penyelenggara pelayanan untuk memberikan pelayanan yang prima/berkualitas kepada masyarakat. Disamping itu sebagai tolok ukur dan pedoman baik bagi pemberi pelayanan maupun bagi penerima pelayanan. Berkaitan dengan hal tersebut, guna menjamin penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas, maka Badan Keuangan Daerah Kabupaten Batang Hari memiliki Standar Pelayanan Publik sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan di bidang Layanan Aspirasi Masyarakat, maka Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang Hari merumuskan visi dan misinya sebagai berikut:

 

V I S I

 

“TERTIB ADMINISTRASI DAN PELAYANAN YANG OPTIMAL DALAM MENDUKUNG KEDAULATAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN BATANG HARI”

 

M I S I

Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan sebagai penjabaran Visi maka misi yang dilaksanakan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yaitu :

1. Meningkatkan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Yang Di Dukung Oleh Sarana Prasarana Yang Memadai.

2. Meningkatkan Pelayanan Administrasi Dan Keuangan Sesuai Dengan Peraturan Dan Perundang-Undangan.

3. Meningkatkan Efektifitas Persidangan Dan Penyelanggaraan Kegiatan DPRD.

4. Meningkatkan Penyiapan Dan Pengendalian Produk Hukum dan Hubungan Masyarakat

 

 

RUANG LINGKUP DAN TUGAS

Sekretariat DPRD Kabupaten Batang Hari melaksanakan tugas pokok penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Layanan Aspirasi Masyarakat sesuai dengan Perda Perda Kabupaten Batang Hari No.11 Tahun 2016 tentang embentukan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Batang Hari dan Peraturan Bupati Batang Hari Nomor 31 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang Hari.

 

TUGAS POKOK

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah mempunyai tugas sebagai unsur pelayanan administrasi & pemperi dukungan terhadap tugas & fungsi DPRD.

 

FUNGSI

 Untuk melaksanakan tugas, Sekretariat DPRD menyelenggarakan fungsi:

1. Penyelenggaraan Administrasi Kesekretariatan DPRD

2. Penyelenggaraan Aministrasi Keuangan DPRD

3. Fasilitas Penyelenggaraan Rapat DPRD dan

4. Penyediaan Dan Pengoordinasian Tenaga Ahli Yang Diperlukan Oleh DPRD

 

Sekretariat DPRD terdiri atas:

1. Bagian Umum & Keuangan

2. Bagian Hukum & Persidangan

3. Bagian Fasilitas Penganggaran & Pengawasan

 

SUMBER DAYA MANUSIA

Jumlah keseluruhan pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Batang Hari sebanyak 97 orang dengan status kepegawaian yang PNS (Pegawai Negeri Sipil) 42, orang dan sisanya 55 orang tenaga honorer. Status PNS yang sudah masuk dalam DUK (Daftar Urutan Kepangkatan) Tahun 2018 dengan rincian Pendidikan Formal seperti terlihat pada tabel berikut ini:

Tabel 1.1

Data Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

 Kabupaten Batang Hari

Berdasarkan Pangkat/Golongan

Tahun 2019

 

No.

Pangkat

Golongan

Jumlah (orang)

1.

IV

A

3

B

1

C

1

D

-

Jumlah

 

2.

III

A

4

B

7

C

4

D

8

Jumlah

 

3.

II

A

1

B

1

C

8

D

4

Jumlah

 

4.

I

A

-

B

-

C

-

D

-

Jumlah

 

Total

42

 

Jumlah keseluruhan pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Batang Hari dengan rincian Pendidikan Formal seperti terlihat pada tabel berikut ini:

Tabel 1.2

Data Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Kabupaten Batang Hari

Berdasarkan Pendidikan Formal

Tahun 2019

 

No

Pendidikan

Jumlah (orang)

1

S2

2

2

S1

18

3

D3

1

4

SLTA dan sederajat

20

5

SLTP dan sederajat

-

6

SD

-

 

Total

41

 

Adapun pegawai PNS berdasarkan Jabatan dilihat dari tingkat Eselon dan Fungsional Umum sebagaimana terinci tabel berikut:

 

Tabel 1.3

Data Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Kabupaten Batang Hari

Berdasarkan jabatan

Tahun 2019

No.

Jabatan

Jumlah (orang)

1.

Eselon II

1

2.

Eselon III

3

3.

Eselon IV

8

4.

Fungsional Umum

30

 

T o t a l

42

 

 

 

 

 

 

 

 

SARANA DAN PRASARANA

 

Adapun aset/ modal yang dimiliki Sekretariat DPRD Kabupaten Batang Hari adalah:

 

 

Tabel 1.4

Data sarana

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Kabupaten Batang Hari

Tahun 2019

 

 

No.

Uraian

Jumlah Personil

Tersedia

Dibutuhkan

Kekurangan

1

Gedung Kantor

2

3

1

2

Ruang Rapat

2

2

-

3

Gedung Pos Jaga

1

1

-

4

 Parkir

2

3

1

5

 Gudang

2

-

-

 

TABEL 1.5 :

Prasarana pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Kabupaten Batang Hari keadaan sampai tahun 2018

 

 

No.

Uraian

Jumlah Personil

Tersedia

dibutuhkan

Kekurangan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

1

Kendaraan Roda empat

13

15

2

2

Kendaraan Roda dua

4

9

5

3

Tedmon Air

1

-

-

4

Mesin Pompa Air

2

-

-

5

Printer

70

80

10

6

Laptop

4

-

8

7

Komputer

10

-

5

8

AC

19

19

-

9

Kursi Tamu

2

3

1

10

Almari Arsip

37

52

15

11

Kursi Putar

65

75

10

12

Mesin Rumput

1

2

-

13

Parabola

4

-

-

14

Televisi LED

4

6

2

15

Meja Kerja

163

173

10

16

Faximile

1

2

1

17

Kulkas

2

2

1

18

Almari Gantung

4

10

6

 19

Genset

1

-

-

20

Note Book

7

-

-