Anggota DPRD Kab. Batanghari
Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Raperda
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Selasa, 20 Mei 2014 - 13:34:51 WIB

Muara Bulian - Enam Fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Batang Hari pada hari ini Selasa (20/05), menyampaikan pemandangan umum terhadap penyampaian Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2013 dan 5 (lima) Ranperda Kabupaten Batang Hari yang telah disampaikan oleh Plt. Bupati Batang Hari Sinwan, SH pada Rapat Paripurna kesatu DPRD Kabupaten Batang Hari tanggal 2 Mei 2014 lalu.

Penyampaian pemadangan fraksi tersebut dilaksanakan, pada rapat Paripurna kedua DPRD Kabupaten Batang Hari pada pembicaraan tingkat lanjutan, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Batang Hari. Enam fraksi tersebut adalah, Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Fraksi Keadilan, Amanat dan Demokrasi, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi PBR dan Fraksi Gerakan Persatuan Peduli Demokrasi.

Rapat Paripurna yang dipimpim langsung oleh Ketua DPRD Batang Hari Supriadi, ST ini dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Batang Hari Sinwan, SH didampingi oleh Sekda , Para Staf Ahli, para Asisten, Kaban/Kadis/Kakan di lingkungan Pemkab Batang Hari beserta  undangan lainnya.

Disamping Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2013, pihak eksekutif juga menyampaikan lima ranperda yang merupakan program legislasi daerah dari fihak eksekutif dan satu ranperda inisiatif DPRD. Adapun kelima ranperda dari eksekutif dimaksud adalah Raperda tentang Ketenagalistrikan, Raperda tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batu Bara, Raperda tentang Perizinan Bangunan, Raperda tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum, dan Raperda tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Sementara Ranperda Inisiatif DPRD adalah Raperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Kesempatan pertama diberikan kepada Hj. Parida Juru bicara Fraksi Keadilan, Amanat dan Demokrasi, disusul  oleh Yuniarti Hendaningsih Juru Bicara Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, kemudian Juru bicara Fraksi Gabungan Peduli Demokrasi, Syahrial, pembicara keempat dari Fraksi Partai Bintang Reformasi, Azizah, SE,  sementara dari Fraksi PDI Perjuangan dibacakan oleh Ahmad Dailami dan terakhir Juru bicara Fraksi Partai Golkar Ahmad Fithoni, SE, MM.

Sementara pihak Eksekutif juga menyampaikan Pemandangan Umum sehubungan dengan pengajuan Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD yang sampaikan langsung oleh Plt. Bupati Batang Hari,  Sinwan, SH.

Meski memberikan banyak masukan terhadap kesempurnaan ketujuh Ranperda dimaksud,  namun secara umum seluruh Fraksi menyatakan menerima dan menyetujui ketujuh Ranperda tersebut untuk dibahas dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah kabupaten Batang Hari. Usai penyampaian, lalu pemandangan umum tersebut diserahkan kepada Plt. Bupati Batang Hari Sinwan, SH untuk ditanggapi.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, Rabu (21/05) besok, akan dilaksanakan sidang paripurna dengan agenda tunggal Jawaban eksekutif terhadap pandangan umum Fraksi DPRD. (mz)