Anggota DPRD Kab. Batanghari
Dewan Setujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2013
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Selasa, 03 Juni 2014 - 11:38:32 WIB

Muara Bulian, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batang Hari secara sah telah menyetujui Pembahasan Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Batang Hari Tahun Anggaran 2013 dan Pembahasan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Batang Hari Tahun Anggaran 2013, Demikian hasil sidang paripurna tentang Ranperda tersebut, Selasa (03/06) di Gedung DPRD Kabupaten Batang Hari.

Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD Batang Hari, Supriadi, ST dan dihadiri Plt. Bupati Batang Hari, Sinwan, SH, Sekda, Forkopimda, para Kepala SKPD, dan undangan lainnya.

Sebelumnya DPRD Kabupaten Batang Hari, Senin (02/06) menyampaikan laporan hasil pembahasan  Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2013 pada rapat Gabungan di Gedung DPRD Kabupaten Batang Hari. Salah satu  point dari laporan Banggar yang disampaikan, pihak DPRD mengucapkan terima kasi dan memberikan apresiasi kepada Pemkab Batang Hari atas diraihnya opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jambi atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Batang Hari Tahun Anggaran 2013.

Laporan hasil pembahasan Banggar DPRD Batang Hari disampaikan anggota Banggar  Syahrial. Dalam laporannya Banggar DPRD Batang Hari menyampaikan, Penyampaian Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2013 merupakan kewajiban Kepala Daerah yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Berdasarkan ketentuan sebagaimana termuat dalam peraturan perundang-undangan  tersebut, Laporan Pertanggungjawaban Bupati dimaksud terdiri dari Laporan mengenai Perhitungan APBD Kabupaten Batang Hari Tahun Anggaran 2013 yang mencakup Laporan Realisasi anggaran, Neraca, Laporan Arus Kas,dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

Atas dasar keempat macam laporan itulah, selanjutnya DPRD Kabupaten Batang Hari sebagai Lembaga Legislatif, dengan segala kewenangan yang ada padanya sebagaimana termaktub dalam sejumlah peraturan perundang-undangan terkait, melakukan pengkajian, pembahasan dan penilaian terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Batang Hari Tahun Anggaran 2013 secara menyeluruh.

Dari hasil Pembahasan dan Kajian  Banggar DPRD Kabupaten Batang Hari, maka ada Ikhtisar Pencapaian Kinerja Keuangan yang meliputi : Target dan Realisasi Pendapatan, Target dan Realisasi Belanja, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran ( Silpa ).

Diakhir Laporannya, Banggar DPRD menyatakan dapat menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batang Hari Tahun Anggaran 2013 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

Pada kesempatan yang sama Plt. Bupati Batang Hari, Sinwan, SH, Lewat sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Anggota Dewan yang terhormat yang telah bekerja dalam rangka membahas dan mengevaluasi Laporan Realisasi Keuangan Daerah Tahun 2013 dapat dirampungkan sesuai dengan yang direncanakan.

Mengenai prediket opini WTP, Plt. Bupati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terutama kepada para anggota Dewan yang terhormat yang selama ini telah berperan besar menjalankan fungsi pengawasannya dalam mengawal proses pembangunan di Bumi Serentak Bak Regam.

Diakhir sambutannya, Plt. Bupati Batang Hari mohon dukungan seluruh Anggota Dewan baik dalam menjalankan fungsi pengawasan, maupun sebagai bagian dari elemen yang menggunakan anggaran, agar opini WTP dapat dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya. (mz)