Anggota DPRD Kab. Batanghari
Fraksi-Fraksi DPRD Setuju RAPBD Perubahan Dibahas
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Senin, 11 Agustus 2014 - 14:51:00 WIB

Muara Bulian, Sebagai tindak lanjut dari penelitian dan pembahasan fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Batang Hari Tahun Anggaran 2014 yang telah disampaikan oleh Bupati Batang Hari pekan lalu, hari ini Senin (11/08/2014) fraksi-fraksi DPRD menyampaikan pemandangan umumnya terhadap raperda dimaksud dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Batang Hari dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD.

Rapat paripurna dibuka Wakil Ketua DPRD Batang Hari, Hj. Yunninta Asmara dan didampingi Wakil Ketua DPRD Hj. Yulinar, SE,SIP. Turut hadir Bupati Batang Hari Sinwan, SH, dan para kepala SKPD dalam Kabupaten Batang Hari serta undangan lainnya.


Legislator Heri Candra, ST saat membacakan pandangan fraksi bintang Reformasi memahami dan mendukung rancangan APBD Perubahan yang telah diajukan oleh pihak eksekutif untuk dibahas. Disampaikan, secara umum fraksi sangat mendukung rencana pemda mengalokasikan anggaran untuk kegiatan-kegiatan persiapan penyelenggaraan Pekan Olah Raga Provinsi yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 di Kabupaten Batang Hari. Menurut hemat fraksi PBR penganggaran tersebut sangat tepat sehingga pelaksanaan porprov tersebut betul-betul dapat terlaksana dengan baik.


Dari fraksi Partai Golkar yang dibacakan oleh legislator Ahmad Fithoni, SE, MM menyampaikan agar dalam pembahasan RAPBDP betul-betul memperhatikan hajat hidup masyarakat. Untuk itulah diingatkan kepada pemkab untuk benar-benar melaksanakan seluruh kegiatan yang tertuang dalam RAPBDP mengingat waktu yang sangat terbatas. Disebutkan, ada dua hal penting yang perlu diperhatikan terkait dengan penurunan pendapatan daerah yang tentunya juga berakibat menurunnya belanja daerah. Untuk kedepan Fraksi Partai Golkar mengharapkan agar kita lebih fokus kepada dana-dana yang dihasilkan atas penggalian sumber daya yang ada di Kabupaten Batang Hari. Menurut hemat Fraksi Partai Golkar masih banyak potensi yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan yang berasal dari Kabupaten Batang Hari. Khusus untuk kegiatan pembangunan, Fraksi Partai Golkar setuju dan mendukung penuh atas kegiatan persiapan Porprov Tahun 2015, Operasional Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) di delapan Kecamatan dan peningkatan kemampuan sumberdaya manusia pengelolaan keuangan untuk persiapan system pelaporan keuangan berbasis akrual tahun 2015 dan penambahan biaya pengadaan obat-obatan pada RSUD HAMBA Muara Bulian.


Dari Fraksi PDIP yang dibacakan legislator Ahmad Dailami menyampaikan fraksi PDIP sangat memahami fenomena penurunan Pendapatan Daerah pada tahun anggaran 2014 ini terutama dari sektor penerimaan yang bersumber dari dana perimbangan. Fraksi PDI Perjuangan juga mengapresiasi positif atas kinerja pemda yang telah mampu meningkatkan pendapatan asli daerah yang cukup besar.Terkait dengan rncana pemda untuk memulai Operasional Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Fraksi PDI Perjuangan merespon positif dan sangat mendukung kebijakan ini.


Dari pandangan umum fraksi PKB yang disampaikan oleh legislator Akmal, SE, dikemukakan dalam penyusunan RAPBD Perubahan tahun 2014, tidak berbeda jauh dari dokumen rencana kebijakan umum perubahan anggaran (KUPA) dan bahkan terdapat kesesuaian antara asumsi-asumsi dalam RPJMD 20111-2016, dokumen KUA, PPAS dan APBD tahun 2014 yang telah disepakati anatara eksekutif dan DPRD. Konsistensi perencanaan sangat penting untuk mendapatkan kepastian dan kejelasan target dan mampu menyelesaikan berbagai persoalan krusial pembangunan daerah di Kabupaten Batang Hari.

Fraksi PKB menyarankan agar pemda melakukan upaya-upaya dan kebijakan pemda untuk mencari sumber-sumber pendapatan untuk membiayai pembangunan di daerah, salah satunya pemda harus melakukan optimalisasi pendapatan asli daerah, baik dalam bentuk intensifikasi maupun extensifikasi PAD.


Dari pandangan umum fraksi Gerakan Persatuan Peduli Demokrasi yang disampaikan oleh M. Madan, S.Kom menyampaikan bahwa ke depan tantangan yang akan dihadapi tidaklah mudah. Banyak agenda penting yang harus dilaksanakan, oleh karena itu komitmen, koordinasi dan kerjasama antara berbagai pemangku kepentingan sangatlah diperlukan.

Secara umum Fraksi Gerakan Persatuan Peduli Demokrasi mendukung berbagai kebijakan, program dan kegiatan dalam Rancangan APBD Perubahan tahun 2014 yang diusulkan oleh eksekutif. Fraksi Gerakan Persatuan Peduli Demokrasi juga dapat memahami turunnya penerimaan daerah yang bersumber dari dana perimbangan yang cukup signifikan sebesar 7,64 %. Namun penurunan dana perimbangan ini tidak boleh dipandang sebagai hal yang sederhana karena sangat besar pengaruhnya bagi keberlangsungan pembangunan daerah. Oleh karenanya, Fraksi Gerakan Persatuan Peduli Demokrasi mohon kepada eksekutif untuk melakukan langkah-langkah konkrit agar dana perimbangan terus diupayakan untuk ditingkatkan pada masa yang akan datang. Barangkali kita perlu melakukan pendekatan-pendekatan yang lebih intensif ke pusat atau memperbaiki beberapa indicator yang menjadi pertimbangan bagi pemerintah pusat dalam penetapan besaran dana perimbangan daerah tersebut, tentunya hal yang lebih mengetahui tentang hal tersebut adalah pihak eksekutif, pungkas Mahdan. (admin/MZ)