Anggota DPRD Kab. Batanghari
Bupati Batang Hari tanggapi pandangan umum Fraksi DPRD
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Selasa, 12 Agustus 2014 - 12:28:37 WIB

Muara Bulian, Bupati Batang Hari, Sinwan, SH Selasa (12/08/2014) menyampaikan tanggapan atas pandangan umum Fraksi di DPRD Kabupaten Batang Hari terhadap Nota Keuangan Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Perubahan Kabupaten Batang Hari Tahun Anggaran 2014 dalam agenda Rapat Paripurna DPRD di gedung Dewan.

Rapat Paripurna dihadiri Bupati Batang Hari, Sinwan, SH, Sekertaris Daerah Kabupaten Batang Hari, Drs. H. Ali Redo dan Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Batang Hari serta undangan lainnya.

Dalam Sambutannya Bupati Batang Hari Sinwan, SH menyampaikan Jawaban Eksekutif atas Pemandangan Umum fraksi-fraksi mulai dari Fraksi Partai Bintang Reformasi, Fraksi Gerakan Persatuan Peduli Demokrasi, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa dan Fraksi Partai Golkar. 

Jawaban atas pandangan umum Fraksi Partai Bintang Reformasi terkait permintaan agar Pemerintah melakukan upaya peningkatan realisasi dana perimbangan dan penbdapatan asli daerah, Bupati menyebutkan bahwa hal ini akan menjadi perhatian Pemda untuk segera disikapi dan tindaklanjuti. Bupati menghimbau kepada SKPD terkait agar segera merencanakan langkah-langkah konkrit terkait dengan peningkatan pendapatan daerahj ini.

Jawaban atas pandangan umum Fraksi Gerakan Persatuan Peduli Demokrasi terkait kelanjutan pembangunan gedung kantor Badan Keluarga Berencana dan pemberdayaan Perempuan dan Kantor Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan yang saat belum selesai, dijelaskan untuk menyelesaikan pembangunannya diperlukan waktu pelaksanaan sekitar lima bulan ditambah lagi dengan proses pelelangan, sehingga tidak memungkinkan dilaksanakan pada APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014 ini, dan Insya Allah dua gedung ini akan disulkan untuk dilanjutkan pembangunannya pada APBD Tahun Anggaran 2015, pungkas Bupati.

Jawaban pandangan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang mempertanyakan rencana anggaran untuk operasional Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Bupati menjelaskan bahwa anggaran ini dipergunakan untuk pengadaan peralatan meubelair, computer dan dan lainnya dalam rangka untuk kelancaran pelaksanaan PATEN di delapan Kecamatan dalam Kabupaten Batang Hari. Untyuk kesiapan aparatuyr (SDM) yang akan mengelola PATEN, secara bertahap akan terus ditingkatkan melalui berbagai program pelatihan dan pendidikan teknis.

Atas pandangan umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa yang menyarankan untuk mengoptimalkan pendapatan daerah yang bersumber dari pendapatan asli daerah, eksekutif mengapresiasi dan akan mengupayakannya. Bupati juga sependapat dengan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, bahwa kita perlu menggunakan anggaran secara efesien, efektif dan terukur sehingga betul-betul dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Batang Hari, kedepan secara bertahap kita terus berupaya untuk memenuhi ketentuan ini, tegas Bupati.

Selanjutnya, menanggapi pandangan umum Fraksi Partai Golkar terkait penundaan pembangunan Masjid Agung Muara Bulian, Bupati menjelaskan bahwa penundaan pembangunan masjid ini disebabkan karena belum selesainya proses pengadaan tanah untuk memenuhi kebutuhan lokasi ideal seluas 3 Ha. Sedangkan pada APBD Perubahan Tahun 2014 ini sudah dianggarkan dana untuk penambahan pengadaan tanah dan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2014, menjelaskan bahwa pengadaan tanah dibawah lima hektar dapat dilaksanakan dengan proses penunjukan langsung dan Insya Allah pada APBD Tahun Anggaran 2015 pembangunan masjid Agung Muara Bulian akan kita laksanakan, untuk itu mohon dukungan dari Anggota Dewan yang terhormat, pinta Bupati.

Usai menyampaikan Jawaban Eksekutif atas pandangan umum lima Fraksi DPRD Kabupaten Batang Hari terkait Nota Keuangan Ranperda APBD Perubahan, Bupati menyerahkan dokumen jawaban Eklsekutif Kepada Pimpinan DPRD yang diterima langsung Wakil Ketua DPRD Batang Hari, Hj. Yunninta Asmara untuk dibahas ketingkat lebih lanjut. (Admin/mz)