Anggota DPRD Kab. Batanghari
Hari ini, 21 Wajah Baru Mulai Tempati DPRD Batang Hari
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Sabtu, 30 Agustus 2014 - 15:02:42 WIB

Muara Bulian - Pemilu lalu telah menghasilkan para anggota Dewan yang merupakan salah satu proses pembelajaran demokrasi. Para anggota yang baru wajib memahami proses sidang yang baik sehingga bisa menghasilkan keputusan yang berbobot dan menjembatani dengan konstituen yang diwakilinya. Dan pada hari ini Sabtu (30/8) sebanyak 35 orang calon anggota legislatif Batang Hari diresmikan menjadi anggota DPRD Kabupaten Batang Hari masa keanggotaan tahun 2014-2019 dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Batang Hari di Gedung DPRD Kabupaten Batang Hari, Jalan Jenderal Sudirman KM. V Muara Bulian. Mereka terdiri dari Partai Amanat Nasional 6 orang, Partai Golkar 5 orang, Partai Kebangkitan Bangsa 4 orang, Partai Demokrat 4 orang, PDI Perjuangan 4 orang, Partai Gerindra 3 orang, Partai Keadilan Sejahtera 3 orang, Partai Hati Nurani Rakyat 2 orang, Partai Nasional Demokrat 2 orang dan Partai Persatuan Pembangunan 2 orang. Para wakil rakyat yang baru dilantik ini dihadapkan dengan tantangan kerja yang lebih berat.

Proses pelantikan 35 anggota DPRD Batang Hari berlangsung khidmat dan lancar. Selain para anggota DPRD Batang Hari lama dan baru, pelantikan juga dihadiri Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi Yazirman, SE, M.Si,  Forkopimda Batang Hari, para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Batang Hari, pengurus Parpol serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. Keluarga para anggota DPRD Batang Hari yang dilantik juga tampak hadir.

Dari 35 orang anggota dewan yang dilantik hanya sekitar 14 orang anggota saja yang masih menjabat (incumbent), sedangkan 21 orang lainnya merupakan anggota dewan pendatang baru.

Para anggota DPRD Batang Hari tersebut dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Muara Bulian. Pelantikan anggota DPRD Batang Hari didasarkan pada surat keputusan Gubernur Jambi Nomor 445/KEP.GUB/PEM-4.2/VIII/2014 tertanggal 20 Agustus 2014. Setelah melalui beberapa proses awal, acara inti berupa pengambilan sumpah jabatan dan penyematan pin jabatan pun dapat berlangsung lancar.

Pelantikan anggota DPRD Batang Hari ini juga sekaligus mengakhiri seluruh tahapan Pemilu legislatif  2014 untuk memilih anggota DPRD Batang Hari. Pemilu tidak hanya menghabiskan dana namun juga menguras energi dan sumber daya yang cukup besar. “Tapi semua pengorbanan itu tidak akan berarti apa-apa jika kita tidak menjalankan amanat rakyat,”

Dalam kesempatan itu, Sekretaris DPRD Batang Hari, M. Ilyas, SE sempat membacakan Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang Hari Nomor 16 Tahun 2014 tentang Penetapan Ketua Sementara dan Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Batang Hari Masa Keanggotaan 2014-2019. Berdasarkan Keputusan DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Batang Hari Nomor : PAN/05.06A/K-S/136/VIII/2014 tanggal 25 Agustus 2014 dan Keputusan DPD Partai GOLKAR Nomor : 25/DPD-BH/2014 tanggal 14 Agustus 2014, maka Ketua Sementara DPRD Batang Hari dijabat oleh Muhammad Mahdan, S.Kom dan Wakil Ketua Sementara Hj. Yunninta Asmara. Pimpinan Sementara ini mempunyai tugas pokok, antara lain : Memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan peraturan DPRD tebtabg Tata Tertib dan memroses penetapan pimpinan DPRD defenitif.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Batang Hari Sinwan, SH, mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Kabupaten Batang Hari periode 2014-2019 yang telah diangkat dan diambil sumpahnya. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari periode 2009-2014 atas jasa dan pengabdiannya selama ini dalam berperan membangun Kabupaten Batang Hari.

“Diharapkan, kedepannya DPRD Kabupaten Batang Hari akan berperan secara aktif sebagai lembaga legislatif. Selain, diharapkan bermitra kerja yang baik dengan eksekutif dan pemerintah daerah Kabupaten Batang Hari. Anggota DPRD terpilih juga harus memaksimalkan perannya sebagai anggota legislatif daerah yaitu peran pengawasan, peran budgetting, dan peran legislatif daerah. (Admin/mz)