Anggota DPRD Kab. Batanghari
DPRD Batang Hari Ikuti Orientasi dan Pendalaman Tugas
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Kamis, 25 September 2014 - 20:11:40 WIB

Muara Bulian - Pasca Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari Priode 2014-2019, Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari periode 2014-2019 mengikuti pelatihan atau masa orientasi yang dilaksanakan di Hotel Novita Jambi sejak 25 sampai 29 September 2014.

Maksud diselenggarakan orientasi bagi anggota DPRD untuk meningkatkan pemahaman anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam menjalankan tugas, fungsi, hak, dan kewajiban sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

Menurut Drs. H. Erwan Malik, MM selaku Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jambi dalam Laporannya mengatakan Orientasi dan pendalaman tugas bagi anggota DPRD berpedoman  pada: PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor : 34 Tahun 2013 tentang Perubahan atas peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2011 tentang Pedoman Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota yang ditetapkan tanggal 10 Juni 2013, Surat Edaran Kementrian Dalam Negeri Nomor 160/3559/SJ tentang Petunjuk Teknis Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota tanggal 9 Juli 2013 dan Surat Kementerian Dalam Negeri RI Nomor 161/3656/SJ tanggal 21 Juli  2014 tentang enyelenggaraan Orientasi bagi anggota DPRD.

Gubernur Jambi dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Bandiklatda Provinsi Jambi mengatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah dan memiliki fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Melihat fungsi DPRD yang sangat strategis dan cukup potensial tersebut, tentunya diperlukan kompetensi yang tinggi pula dalam menjalankan tugas fokok dan fungsinya.

Ditegaskannya, bahwa ada beberapa tantangan berkaitan dengan peran strategis DPRD sebagai wakil rakyat, tentunya orientasi yang dilaksanakan ini menjadi penting sebagai pengantar tugas dari semua anggota DPRD, dalam rangka meningkatkan profesionalitas dan kompetensi yang bermuara pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Gubernur berharap melalui orientasi ini akan terbangun koordinasi dan kemitraan yang baik antara eksekutif dan legislatif dalam menjalankan roda pembangunan dengan satu tujuan yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (mz)