Anggota DPRD Kab. Batanghari
Siapkan Perangkat Tehnis Peleburan Unit Pemadam Kebakaran
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Kamis, 12 Maret 2015 - 23:47:56 WIB

MUARA BULIAN – Rencana peleburan unit pelaksana tehnis Pemadan Kebakaran yang bernaung di bawah Dinas Perkotaan Kabupaten Batang Hari ke Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Batang Hari terus disempurnakan. Komisi III DPRD Kabupaten Batang Hari yang bermitra kerja dengan BPBD Batang Hari terus menyempurnakan perangkat tehnis untuk memuluskan peleburan instansi tersebut.
Untuk diketahui, peleburan unit pelaksana tehnis Pemadan Kebakaran ke BPBD Kabupaten Batang Hari tidak berjalan mulus, alasannya, rancangan peraturan daerah (perda) tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Badan Penanggulan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran yang diajukan Pemerintah Kabupaten Batang Hari pada tahun 2014 lalu belum disetujui DPRD Batang Hari.
"Ranperda tentang peleburan UPT Pemadan Kebakaran ke BPBD Batang Hari yang diajukan pihak eksekutif tahun 2014 lalu belum disetujui DPRD Batang Hari. Kita berharap kalau ranperda itu kembali diajukan mudah-mudahan bisa berjalan mulus dan disetujui, karena kita akan berikan masukan," ungkap Dailami, Ketua Komisi III DPRD Batang Hari.
Salah satu terobosan yang dilakukan Komisi III DPRD Batang Hari, kata Dailami adalah melakukan studi banding ke daerah yang sudah menerapkan peleburan UPT  pemadaman kebakaran ke BPBD.  Salah satu daerah yang sudah melaksanakan peleburan dan menetapkan peraturan daerah adalah Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. "Kita belajar ke Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Rejang Lebong tentang penyusunan perangkat peleburan unit pemadam kebakaran ke BPBD, mereka sudah mengesahkan perda tentang itu, " Ungkap Politisi PDI Perjuangan ini.
Menurut Dailami, DPRD Kabupaten Rejang Lebong telah mengesahkan Perda No. 37 Tahun 2014 tentang pembentukan unit pelaksana tehnis Pemadam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rejang Lebong. Karena itu, kita berharap peleburan ini juga segera direalisasikan di Kabupaten Batang Hari.
Dalam studi banding Komisi III DPRD Batang Hari ke Rejang Lebong dilaksakan pada akhir Januari 2015 lalu dengan mengikutsertakan pimpinan dan anggota komisi tersebut, yakni Ahmad Dailami (Ketua), M. Jaafar (wakil ketua), Mashuri (sekretaris), Jon Kennedy, S.Ag, MP.d, MH, Baharuddin, Maknuddin, Najamuddin, Nasrul, Adi Susanto dan Minarti (anggota) didampingi beberapa staf Komisi III DPRD Batang Hari. (ris).