Anggota DPRD Kab. Batanghari
Dilaporkan Retak, Komisi III DPRD Batang Hari Cek Jembatan Beton Sungai Baung
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Selasa, 31 Maret 2015 - 09:01:58 WIB

MUARA BULIAN – Komisi III DPRD Batang Hari, Selasa (31/3) mengecek langsung kondisi fisik Jembatan Beton Sungai Baung yang berada di Kecamatan Muara Bulian pasca pembangunan. Komisi III yang membidangi bidang pembangunan ini sebagai wujud bentuk pengawasan sebagaimana yang diamanatkan UU No. 17 Tahun 2014. “Kita menerima dari laporan masyarakat, kalau kondisi fisik jembatan beton yang berlokasi di Sungai Baung itu ada sedikit masalah (baca retak), makanya kita perlu mengecek langsung kebenaran itu ke lapangan,” Ungkap Ahmad Dailami, Ketua Komisi III DPRD Batang Hari.

Bersama anggota Komisi III DPRD Batang Hari lainnya yang turun melakukan pengecekan fisik adalah Jon Kennedy, SPdI, MPdI, MH, Najamuddin SE, Nasrul, Maknuddin. Di lokasi proyek yang sudah diselesaikan pembangunan fisiknya, anggota dewan menemukan adanya kebenarannya laporan masyarakat. “Laporan dari masyarakat adanya retak-retak memang ditemukan, seperti pada empat sudut tiang penyangga jembatan dengan penyangga dinding jalan pada sisi kiri dan kanan jembatan,” ungkap Dailami, politisi PDI Perjuangan ini.

Selain itu, anggota dewan lainnya  juga menemukan adanya retak-retak seribu pada aspal beton di badan jembatan, dinding penyangga (seperti turap) pada sisi kiri dan kanan tidak sampai keujung aspal jembatan sehingga ditakutkan terjadi longsor pada saat hujan. Karena tidak ada penahannya.“Temuan di lapangan ini  akan kita bicarakan dan ditindaklanjuti diinternal Komisi III DPRD Batang Hari, bisa saja kita panggil Dinas PU Batang Hari untuk diminta penjelasan, karena anggaran yang digunakan untuk pembangunan jembatan beton Sungai Baung ini bersumber dari APBD Kabupaten Batang Hari 2014,“Ungkap Dailami yang diamini anggota dewan lainnya.

Komisi III DPRD Batang Hari salah satu mitranya adalah Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Batang Hari, di satu sisi, komisi III DPRD Batang Hari diharapkan bisa menjalankan tugas dan kewenangannya sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. (ris).