Anggota DPRD Kab. Batanghari
ANGGOTA DPRD BATANG HARI, BIMTEK DI JAMBI
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Senin, 11 Mei 2015 - 13:55:25 WIB

MUARA BULIAN, DPRD Kabupaten Batanghari sebagai representasi masyarakat memiliki fungsi strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, karena itu wajar apabila masyarakat mengharapkan wakil-wakilnya yang duduk di parlemen berkualitas yang didukung moralitas dan mentalitas yang tinggi sehingga mampu menangkap signal perubahan di masyarakat maupun arah kebijakan Bupati. Sikap yang kritis, inovatif dan produktif sangat diperlukan agar rancangan peraturan-peraturan dan kebijakan bersama dengan kepala daerah sesuai harapan masyarakat yang diwakilinya. 

DPRD Kabupaten Batanghari masa keanggotaan 2014-2019 diisi banyak wajah-wajah baru. 60% adalah anggota DPRD yang baru terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Batanghari, sementara 40% nya merupakan incumbent pada masa keanggotaan 2009-2014. Disamping itu, DPRD Kabupaten Batang Hari masa keanggotaan 2014-2019 memiliki tingkat pendidikan yang beragam dengan latar belakang kehidupan dan profesi yang berbeda pula. Kondisi ini menyebabkan beragamnya tingkat pemahaman terhadap kedudukan, fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban sebagai anggota Dewan. Oleh karena itu, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Batang Hari melaksanakan Bimbingan Teknis Nasional dalam rangka menyamakan pemahaman dan meningkatkan wawasan terhadap kedudukan, fungsi, tugas, wewenang, hak dan kewajiban DPRD, yang dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 7 sampai dengan 10 Mei 2015, yang dibagi ke dalam 3 sesi pada setiap harinya dengan materi yang berbeda

Bimbingan Teknis Nasional ini dilaksanakan atas kerjasama antara DPRD Kabupaten Batang Hari dengan Universitas Batanghari, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengalaman, dan sumber daya, serta mengembangkan dan memperkuat hubungan kelembagaan antar kedua belah pihak terutama dalam Bidang Bimbingan Teknis Nasional bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Batang Hari.

Acara dibuka pada hari Jum’at, 8 Mei 2015, oleh Bapak Ir. M. Sugihartono, M.Si. selaku Wakil Rektor III mewakili Rektor, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mengingat pentingnya pemahaman staf setiap aparatur pemerintah daerah, terutama para anggota dewan yang terhormat, terhadap mekanisme pengelolaan keuangan daerah, etika dan budaya politik, maka diharapkan dengan pelasanaan Bimtek Nasional ini, akan mampu melahirkan aparatur pemerintah daerah yang profesional, transparansi dan akuntabel.

Acara ini diikuti oleh 35 (Tiga puluh lima) orang Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari Masa Keanggotaan 2014-2019 dan 1 (orang) Sekretaris DPRD yang notabene ex officio Sekretaris Alat Kelengkapan DPRD. BIMTEK mengangkat tema “Pembahasan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah”, dengan pemateri pada Hari Pertama yaitu Bapak Dr. Andi Batara Lifu dari Direktorat Fasilitas Kepala Daerah dan DPRD - Ditjen Otonomi Daerah, dengan Moderator Bapak Dr. Muslih selaku Dosen dan Wakil Dekan Fakultas Hukum Unbari. Materi yang disampaikan mengenai PERPPU (Penyelenggaraan PEMDA menurut UU No. 23 tahun 2014 dan Teknik Penyusunan Rekomendasi DPRD Kabupaten/Kota terhadap LKPJ Kepala Daerah) / admin.