Anggota DPRD Kab. Batanghari
KOMISI II DPRD BATANG HARI SIDAK KE PT. KEDATON
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Kamis, 01 Maret 2016 - 10:53:57 WIB

dprd.batangharikab.go.id - Kepedulian Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari terhadap masyarakat Kabupaten Batang Hari patut di acungkan jempol. Soalnya keluhan warga kepada wakil Rakyat tesebut ditanggapi dengan serius oleh mereka. Pada Senin (29/02) siang kemarin, sejumlah anggota DPRD Batang Hari dalam hal ini Komisi II DPRD Batang Hari langung turun ke lokasi guna mengcek langsung saluran pembuangan limbah PT. Kedaton di Sungai Tembesi, seperti yang dikeluhkan warga setempat kemarin.

Saat di lokasi, Anggota Dewan juga mengambil sempel dari kolam penampungan limbah milik perusahaan untuk diteliti ulang. Wakil Ketua DPRD Batang Hari, Elvisina, A.Md, S.Sos yang juga turun langsung kelokasi kemaren mengatakan, pihaknya belum bisa menyimpulkan apahkah limbah tersebut berbahaya. Untuk itu sampel limbah akan dibawa ke Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Batang Hari untuk diteliti.

Kita sudah turun dan mengambil sample limbah. Nanti kita bawa ke BLHD Batang Hari untuk diteliti,” ujar Elpisina.

Sementara itu pihak PT. Kedaton menjelaskan, bahwa limbah yang mereka buang kesungai tidak berbahaya, karena menurut mereka sudah di proses penyaringan. Dan hasil uji lab oleh Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Batang Hari pada Januari lalu, limbah PT. Kedaton berada di bawah standar baku mutu atau tidak membahayakan.

Januari kemaren kita suda di uji, dan berdasarkan hasil uji dari pihak BLHD Batang Hari, limbah tersebut tidak berbahaya,”jelas Kepala Lab PT. Kedaton, Karni saat itu.

Diketahui beberapa waktu lalu masyarakat desa Durian Luncuk Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batang Hari menyurati Komisi II DPRD Batang Hari. Surat yang di sampaikan warga kepada Komisi II DPRD Batang Hari tidak lain mengeluhkan aktifitas pembuangan limbah yang dilakukan oleh pihak PT. Kedaton karena diduga mencemari Sungai Batang Tembesi.

Menurut warga setempat, limbah tersebut mengakibatkan badan warga setempat menjadi gatal-gatal, serta matinya ribuan ikan di Sungai Batang Tembesi.

Kami mandi di Sungai Tembesi, akibat limbah badan jadi gatal-gatal, ungkap warga sekitar Aliran Sungai Batang Tembesi.(Admin)