Anggota DPRD Kab. Batanghari
Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Ke Kecamatan Muara Tembesi dan Maro Sebo Ulu
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Kamis, 09 Januari 2014 - 22:06:42 WIB
Dialog Peserta dengan Komisi I DPRD

Muara Bulian, Dalam rangka melaksanakan salah satu tugas pokoknya, DPRD Kabupaten Batang Hari dalam hal ini Komisi  I  melaksanakan kegiatan kunjungan kerja ke SMP 20 Batang Hari Kecamatan Muara Tembesi dan ke SMP 31 Batang Hari Kecamatan Maro Sebo Ulu.

Para Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Batang Hari yang melaksanakan kunjungan kerja tersebut adalah Heri Chandra, ST, M. Mahdan, S.Kom, Akmal, SE, Jasasila, SE, ME dan Asmuni. MS, dan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Hari diwakili oleh Syar’i Saman.A, S.Pd dengan dipimpin Ketua Komisi I  Heri Candra, ST. Di SMP 20 Batang Hari, para Anggota Komisi I tersebut diterima oleh Kepala Sekolah Sopyan.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada hari Rabu (8/1), bertempat SMP 20 Batang Hari Desa Ampelu Kecamatan Muara Tembesi dan dihadiri oleh Ketua dan para anggota Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Selanjutnya, diadakan kegiatan tanya jawab terkait pelaksanaan program pendidikan diantaranya seputaran Dana DOS dan Kurikulum Sekolah.

Dialog yang dibuka oleh Kepala SMP 20 dan selanjutnya dipandu oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Batang Hari tersebut berlangsung dengan lancar, bahkan tercipta suasana yang penuh keakraban antara para wakil rakyat dan para aparatur pemerintah yang hadir pada kegiatan tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Batang Hari Heri Candra, ST yang akrab dipanggil bang Cecep dalam dialog tersebut memperkenalkan satu persatu Anggota Dewan dari Komisi I dan menjelaskan secara singkat nomenklatur Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2013 tentang Kewajiban Mampu Baca Tulis Al-Qur’an dan Melaksanakan Shalat Fardlu Bagi Siswa Yang Beragama Islam.

Ketua MKKS Triono menjelaskan bahwa kegiatan MKKS dilaksanakan setiap bulan, dari 39 anggota, sebanyak 34 anggota aktif. Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) ini merupakan suatu wadah asosiasi atau perkumpulan kepala sekolah yang berada di Kabupaten Batang Hari, yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, belajar, bertukar pikiran dan pengalaman antar kepala sekolah, dalam rangka peningkatan kinerja kepala sekolah sebagai ujung tombak terjadinya perubahan di sekolah. MKKS bersifat mandiri dan terbuka bagi semua kepala sekolah.

Dalam dialog antara peserta yang hadir dengan Komisi I DPRD Kabupaten Batang Hari, peserta banyak memberikan masukan seputar DOS, Kurikulum 2013 (permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013), pelaksanaan Perda Nomor 17 Tahun 2013.

Syar’i Saman.A, S.Pd dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batang Hari menjelaskan panitia test Al-Qur’an bekerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri Jambi. Panitia Test Al-Qur’an ini sudah melaksanakan pelatihan bagi guru di Batang Hari, untuk tingkat SD pada tahun 2013 lalu dan untuk tingkat SMP, SMU/SMK pada tahun 2014 ini.

DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat siap mendukung untuk meningkatkan prioritas dan prestasi pendidikan khususnya di Kabupaten Batang Hari, ungkap Bang Cecep. (admin/mz)