Anggota DPRD Kab. Batanghari
Terkait Kurikulum 2013 : Komisi I DPRD Batang Hari adakan Hearing dengan Dikbud
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Selasa, 14 Januari 2014 - 00:20:26 WIB

Muara Bulian (13/01/2013): Tahun ini, Kurikulum 2013 mulai berjalan efektif. Subjek utama yang paling dominan menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah guru. Disamping itu, Peran Pengawas Sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 ini juga sangatlah penting untuk keberhasilan dalam pelaksanaannya.

Selain itu, Kurikulum 2013 yang diimplementasikan di tahun 2014 mewajibkan semua guru mulai tingkat SD, SMP, SMA/Sederajat memiliki laptop sebagai sarana pendukung pelaksanaan kurikulum tersebut.

Kurikulum tersebut menitik beratkan pada pembelajaran berbasis IT dan lebih banyak terhadap pendidikan karakter tanpa meninggalkan pengetahuan. Sehingga bagi para guru dituntut memiliki kapasitas yang mempuni dalam menjalankan kurikulum baru. Jangan sampai dalam perjalanan pelaksanaan kurikulum terdapat guru yang tidak memahami, karena akan merimbas pada anak didik.

Kebijakan Kurikulum 2013, diantaranya tentang: (1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; (3) Pendekatan dan Strategi Pembelajaran; (3) Penilaian Pembelajaran dan Model Raport; dan (4) Supervisi pembelajaran.

Tahun pelajaran 2014-2015 menjadi awal semua sekolah di Indonesia menerapkan kurikulum baru. Pada tahun pelajaran 2014/2015  ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Agama akan mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada semua satuan pendidikan yaitu pada SD/MI kelas I, II, IV dan V; SMP/MTs kelas VII dan VIII; dan SMA/MA/SMK/MAK kelas X dan XI di seluruh Indonesia.

Demi suksesnya penerapan kurikulum 2013, Kemendikbud bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota akan melakukan pelatihan dan pedampingan guru serta penyedian buku teks Kurikulum 2013.

Menyikapi Penerapan kurikulum 2013 ini, Komisi I DPRD Batang Hari mengadakan Hearing dengan dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Batang Hari untuk mempersiapkan pelaksanaannya di semua sekolah. Informasi yang disampaikan oleh Dikbud Kabupaten Batanghari hanya baru 2 Sekolah Tingkat SLTA yang dianggap mampu melaksanakan penerapan kurikulum 2013 yaitu SMA Negeri 1 Batang Hari dan SMA Negeri 2 Batang Hari yang telah ditetapkan oleh kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) pada tahun 2013.  Untuk sekolah-sekolah yang belum di tetapkan masih menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tahun 2006.

Sedangkan untuk Tingkat SMP yang menerapkan Kurikulum 2013 yaitu SMP Negeri 2 Batang Hari, SMP Negeri 8 Batang Hari dan SMP Negeri 21 Batang Hari

Sementara untuk tingkat SD di Kabupaten Batang Hari adalah SD Negeri 55/I Sridadi, SD Negeri 068/I Simpang Mersam, SD Negeri 112/I Perumnas dan SD Negeri 077/I Penerokan.

Dari hasil hearing tersebut Komisi I DPRD Batang Hari berharap dengan diterapkannya kurikulum baru ini, benar-benar dapat mencetak siswa yang berkualitas tinggi. Siswa nantinya tidak selalu menghadap papan tulis, namun bisa memaparkan terkait di hadapan siswa lainnya. Sementara pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengharapkan adanya tambahan dana pada APBD untuk pelatihan dan perlengkapan perangkat untuk mendukung pilot project kurikulum 2013 di Batang Hari. (admin/mz)