Anggota DPRD Kab. Batanghari
Komisi I DPRD Hadiri pertemuan Kelompok Kerja Kepala Sekolah
Diposting Oleh Admin DPRD Kab. Batang Hari | Berita DPRD Hari Ini | Rabu, 22 Januari 2014 - 13:26:47 WIB

Muara Bulian, Upaya untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dilakukan melalui berbagai strategi. Salah satu strategi untuk menjangkau seluruh kepala sekolah dalam waktu yang cukup singkat adalah memanfaatkan forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) sebagai wahana belajar bersama. Kepala sekolah dalam forum tersebut dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman guna bersama-sama meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam suasana kesejawatan yang akrab Pemantapan kelompok kerja dan musyawarah kerja, kepala sekolah, dan pengawas sekolah melalui pemanfaatan Dana Bantuan Langsung secara tepat dan terprogram akan menjadikan kelompok kerja dan musyawarah kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah sebagai wadah yang tepat bagi peningkatan mutu dan profesionalisme guru.

Kegiatan kelompok kerja dan musyawarah kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan kompetensi dan kinerja anggota kelompok kerja untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas dan dapat meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan. Di samping itu, kegiatan-kegiatan kelompok kerja dan musyawarah kerja juga membantu guru dalam perolehan angka kredit untuk kenaikan jabatan fungsional guru, peningkatan kualifikasi guru, dan persiapan guru dalam menghadapi proses sertifikasi.

Sehubungan dengan wacana tersebut maka pada hari Rabu, 22 Januari 2014, Komisi I DPRD Kabupaten Batang Hari turut hadir dalam acara Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA se Kabupaten Batanghari di SMA Negeri 11 Batang Hari. Acara ini juga dihadiri oleh Camat Maro Sebo Ilir M. Fadhil Arief, SE, Kapolsek Mari Sebo Ilir Iptu Pol. Dastu Gustiawan, SH

Kegiatan anggota Dewan ini akan berkelanjutan sesuai jadual Dinas P dan K Batang Hari yaitu pada tanggal 23 Januari 2014 menghadiri rapat kerja KKKS di SMK Negeri 1 Muara Bulian, tanggal 25 Januari 2014 di Mersam, tanggal 01 Februari 2014 di Bajubang dan tanggal 02 Februari 2014 di Pemayung. 

Dari kegiatan ini anggota Dewan dapat melihat langsung program yang dikelola oleh Dinas Mitra Kerja Komisi I sekaligus dapat mengetahui keberhasilan, kendala dan hambatan para guru, kepala sekolah dan pengawas dalam mendidik kader bangsa.

Kita mengharapkan bahwa forum KKKS/MKKS ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi peningkatan kinerja pendidikan di Kab. Batang Hari ke depan. Orang yang memilih profesi dalam dunia pendidikan saat ini tidak boleh berjiwa dan bersikap statis dan apatis, tetapi harus dinamis dan optimis serta harus mengembangan jiwa dan pikiran yang positif. Ia juga meningatkan tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala Sekolah adalah tugas pelayanan, bukan bersikap sebagai BOS. Sebagai pelayanan harus bisa melakukan komunikasi yang baik, peka dengan kondisi social masyarakat, memiliki integritas yang terpuji, bahkan siap menderita dalam mengemban tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah juga harus terus meningkatkan kemampuan dibidang teknologi dan informasi, dan jangan sampai anak didik atau siswa lebih pintar dari gurunya dalam penguasaan IT-nya. Ketua Komisi I DPRD Hery Chandra, ST menyatakan terima kasih atas undangan KKKS SMA ini, sebab dalam berbagai moment dan kesempatan kami akan berusaha hadir apabila ada undangan serta tidak ada tugas lain yang lebih mendesak. Ia juga berharap agar para Kepala Sekolah menjaga solidaritas dan soliditas guru dimanapun mengabdi dan bertugas. (admin/mz)